Youtube

Cara Meningkatkan Viewer YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet

Dian Dodhy
Kamis, Juli 16, 2020
0 Komentar
Beranda
Youtube
Cara Meningkatkan Viewer YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet
Cara Meningkatkan Viewer YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet - Melihat pengguna YouTube yang terus meningkat, belum dapat menjamin setiap channel yang kita miliki akan medapatkan banyak viewer. YouTube dikenal sebagai platform penayangan konten video terpopuler di internet. 

Artinya, di samping banyak orang yang menonton di dalamnya, juga terdapat banyak orang yang membangun channel. Sehingga channel yang kita buat harus berebut viewer dengan jutaan channel yang ada di YouTube.

Cara Meningkatkan Viewer YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet 2020

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa untuk memperoleh viewer yang banyak, YouTuber harus melakukan berbagai pengaturan yang cukup ribet di channelnya. Jika Kamu juga beranggapan demikian, mungkin cara meningkatkan viewer YouTube yang mudah tanpa ribet di bawah ini bisa membantumu.

Tips Menambah Viewer YouTube dengan Konten Menarik

Tidak ada cara menambah viewer YouTube yang lebih baik selain meningkatkan kualitas video. Untuk mendatangkan banyak penonton Kamu harus tahu bagaimana cara membuat konten video yang baik untuk YouTube.

1. Riset topik yang sedang trending di YouTube

Dengan membuat konten video yang sedang trending, besar kemungkinan channel Kamu akan banyak dicari oleh pengguna YouTube. Terdapat beberapa topik yang saat ini menjadi konten favorit di YouTube, seperti review gadget, gaming, cover lagu religi, dan lainnya.

Temukan lebih banyak konten favorit yang dapat Kamu pilih untuk memulai pembuatan video. Jika Kamu memiliki keterampilan khusus di salah satu topik terfavorit seperti mengcover lagu, maka semakin besar pula peluang Kamu untuk mendapat banyak viewer YouTube.

2. Buat video dengan kualitas visual yang baik

Biasanya YouTuber pemula sering terkendala soal kualitas video dan audio visual. Hal ini yang membuat viewer channelnya tidak mampu berkembang. Sebagai contoh, kebanyakan penonton YouTube tentu lebih memiliih konten video yang nyaman untuk dinikmati, sehingga mereka bisa berpotensi lebih lama berada di channel tersebut.

Sebaliknya, jika Kamu tidak memiliki kualitas visual yang baik. Bisa jadi, pengunjung tidak akan bertahan lama di channelmu. Karena dianggap tidak memberikan konten yang dicari, secara langsung pengunjung akan pindah ke video lain yang serupa.

3. Bangun  Konten video secara berkelanjutan

Pernahkah Kamu melihat video YouTube yang diatur mirip dengan program episode? Inilah yang dimaksud dengan video berkelanjutan. Sistem ini sangat efektif untuk mendapatkan lebih banyak viewer. Pengunjung yang menyukai konten videomu secara berkala akan menantikan video-videomu selanjutnya.

Agar lebih mudah untuk menjangkau banyak viewer, fokuslah membangun konten video yang masih satu topik dengan video sebelumnya. Dengan begitu, Kamu bisa memaksimalkan potensi viewer yang sedang mencari video serupa.            

4. Kerjasama dengan YouTuber lain

Melakukan kolaborasi sesama YouTuber dapat meningkatkan rating channel Anda. Terlebih orang yang Kamu ajak kerjasama adalah pemilik channel yang sudah cukup terkenal atau paling tidak memiliki banyak subscriber. Dengan begitu Kamu bisa menambah viewer dan juga pengikut di channelmu.

Melakukan kolaborasi tidak harus dengan channel yang memiliki topik sama. Kamu bisa membangun kreativitas video yang dihasilkan dari dua topik yang berbeda namun masih dalam satu alur video.  Konten video yang unik sangat baik untuk meningkatkan viewer jangka panjang.

5. Adakan promo giveaway secara rutin

Tidak perlu memberikan hadiah mahal untuk mengadakan program ini di channelmu. Kamu bisa memberikan produk jasa atau barang sesuai dengan budget yang Kamu miliki. Cara ini sangat efektif untuk bisa memperoleh banyak viewer sekaligus pengikut.

Jika memungkinkan, Kamu bisa mengadakan program giveaway yang sejalan dengan ulasan konten di channelmu. Atau Kamu juga bisa melakukan kerjasama dengan pemilik usaha tertentu untuk membantu memperkenalkan produk mereka ke publik sekaligus memberikan hadiah kepada viewer.

Cara Optimasi Channel YouTube Agar Mudah Terindeks

Perbaikan di sisi konten saja tidak cukup untuk meningkatkan viewer YouTube. Maka Kamu harus mengoptimasi channelmu agar bisa mendatangkan pengunjung yang lebih besar.

1.Desain homepage channel yang bagus

Tahukah Kamu jika layout homepage channel bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan pengunjung? Untuk itu buatlah kreasi desain semenarik mungkin. 

Desain yang menarik bisa disesuaikan dengan topik utama di channelmu. Selain dapat memberikan kesan menarik, channel YouTubemu juga berpotensi menjadi referensi pengunjung yang sering mencari topik serupa.
Buatlah navigasi yang mudah dimengerti oleh pengunjung. Navigasi ini bisa membantu viewer untuk mengakses video Kamu yang lainnya.

2. Sematkan SEO di dalam channel

Bukan hanya blog saja yang membutuhkan fitur SEO agar bisa terindeks oleh mesin pencari. Agar channel YouTube Kamu bisa terindeks dan memperoleh banyak viewers, ada beberapa tempat yang bisa Kamu manfaatkan untuk menanamkan fitur SEO.

Tambahkan keyword yang relevan terhadap ulasan konten videomu di judul, deskripsi, dan tag. Berikan keterangan secara detail atau berupa ringkasan video yang jelas di bagian deskripsi. Jangan biarkan tempat yang satu ini kosong tanpa ada tulisan apapun, sebab bisa menurunkan posisi video di mesin telusur.

3.Buat gambar thumbnail yang menarik

Lebih dari 60% pengunjung mengeklik video bukan karena judul, melainkan gambar yang ditampilkan menarik. Ini membuktikan bahwa thumbnail yang menarik bisa membantu channel meningkatkan viewer.

Thumbnail adalah gambaran dari konten video yang Kamu unggah. Jadi, buatlah gambar thumbnail semenarik mungkin sesuai judul yang Kamu berikan agar publik tertarik untuk menonton video yang dimaksud.

4. Manfaatkan fitur annotations

Seperti halnya blog, YouTube juga menyediakan fitur rekomendasi video lain yang bisa menjadi referensi pengunjung untuk menonton videomu yang lainnya. Ada beberpaa fitur yang bisa Kamu gunakan, meliputi label, title, note, spotlight, dan speech bubble yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri.

Agar pengunjung tidak bingung dengan beberapa fitur di channelmu, Kamu harus menggunakan annotations ini seperlunya saja.

5. Berikan keterangan subtitle Inggris

Walaupun secara keseluruhan konten videomu berbahasa Indonesia, tidak ada salahnya memberikan subtitle baik pada judul, deskripsi, maupun isi videonya.  Dengan keberadaan subtitle ini channel Kamu memiliki peluang untuk terindeks di mesin telusur luar dan tidak hanya menambah viewer lokal.

Jika kesulitan dalam memberikan penerjemahan terhadap konten yang diunggah, Kamu bisa memberikan subtitle ini seperlunya saja. Yang paling penting adalah subtitle di bagian judul utamanya.

6. Tautkan link channel di platform lain

Jika Kamu juga aktif menggunakan blog atau platform situs lainnya. Channel yang Kamu miliki bisa ditautkan ke platform tersebut untuk menjangkau lebih banyak viewer dan memperluas jaringan. 

Tidak hanya itu, Kamu juga bisa menautkannya di sosial media yang Kamu miliki. Jika memiliki budget yang cukup, Kamu bisa mempromosikan channelmu secara berbayar. Banyak keuntungan yang akan Kamu dapat dari promosi ini.

Agar memperoleh kunjungan viewer YouTube yang besar, Kamu tidak cukup hanya sekali dalam mengatur channel supaya lebih potensial.

Cara mendapatkan viewer YouTube harus dilakukan secara konsisten, sebab untuk mendapatkan pencapaian jumlah pengunjung tersebut channelmu membutuhkan waktu cukup lama untuk menyesuaikannya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya

Penulis blog

Dian Dodhy
Dian Dodhy
I'm stuttering, heal me O Allah. The world is hard my friend, keep learning

Tidak ada komentar

Berkomentar lah sesuai judul diatas